Jumat, 06 Juli 2012

indentifikasi peta umum negara laos


Identifikasi Peta Umum Negara-negara                           Asia Tenggara(laos)
 Berkas:Flag of Laos.svg

Kelas 96 smpn 179 jakarta
Tugas : mengidentifikasi peta umum negara Laos.
Kelompok :
1.    Achmad Sofian             (01)
2.    Dicky salbira                 (10)
3.    M. Faisal assails           (21)
4.    M. Iqbal prasetyo         (23)
5.    Rio aditiya                    (32)
6.    Septian dwi sulistyo    (34)




Laos adalah negara yang terhimpit oleh daratan di Asia tenggara dan diselimuti hutan lebat yang kebanyakan bergunung-gunung, di mana salah satunya yang tertinggi adalah phou bia dengan ketinggian 2.817 m dari permukaan laut. Laos juga memiliki beberapa dataran rendah dan dataran tinggi. Sungai Mekong  membentuk sebagian besar dari perbatasannya dengan Thailand, sementara rangkaian pegunungan dari Rantai Annam membentuk sebagian besar perbatasan timurnya dengan Vietnam
·         gunung  dan pegunungan
1.    Phoubia                            2.819 m
2.    Rao co                             2.286 m
3.    Phousan                           2.218 m
4.    Saaydoo                           2.102 m
5.    Pon-gnai                           2.079 m
6.    Phou khe                          2.079 m
7.    Phou leuy                         2.062 m
8.    Gnotlian                            2.011 m
9.    Samsao                            1.969 m

·         Sungai
1.    Mekong                4.909 km
2.    Kong
3.    Banghiang
4.    Sepon
5.    Xe bang fai
6.    Nam hinboun
7.    Nam pakan
8.    Nam theun           138 km
9.    Hueang                110 km
10.  Nam ou                448 km

·         Danau
1.    Nam ngum

·         Letak astronomis
Secara astronomis, wilayah Laos terletak antara 14°LU – 22°LU dan 100°BT – 107°BT.  Dengan luas wilayah± 236.800 km² Laos adalah negara yang terhimpit oleh daratan di Tengah kawasan Asia Tenggara, berbatasan dengan Republik Rakyat Cina di sebelah Utara, Vietnam di Timur, Kampuchea di Selatan, dan Thailand di sebelah Barat. Dari abad. ke-14 hingga abad ke-18, negara ini disebut Lan Xang atau “Negeri Seribu Gajah”.

·       Iklim
Iklim Laos adalah tropis dan dipengaruhi oleh angin musim. Musim penghujan berlangsung dari Mei hingga November, diikuti oleh musim kemarau sejak December sampai April. Ibukota dan kota terbesar di Laos adalah Vientiane, kota-kota besar lain meliputi Luang Prabang, Savannakhet, dan Pakse.

·       Flora dan fauna
Pada 1993, pemerintah mencanangkan 21% dari wilayah negara sebagai Area Konservasi Keanekaragaman Hayati Nasional (National Biodiversity Conservation Area/NBCA), yang mungkin akan dikembangkan menjadi sebuah taman nasional. Bila telah selesai, maka ia diperkirakan akan menjadi taman nasional terbaik dan terluas di Asia Tenggara.
Sejumlah spesies binatang baru telah ditemukan atau ditemukan kembali di Laos beberapa tahun terakhir. Termasuk di dalamnya kelinci Annam, saola, dan yang terbaru adalahtikus batu Laos atau kha-nyou


·        Penduduk
Jumlah penduduk di Laos pada saat ini terhitung sekitar 5 juta jiwa, yang menjadikan jumlah penduduk Laos termasuk negara berpenduduk ke tiga terkecil di Asia Tenggara (setelah Brunei dengan 300.000 dan Singapura dengan 3.1 juta penduduknya). Sebagian besar penduduk di negara ini adalah orang Laos yang secara etnis, mirip dengan bangsa Thai. Bahasa Thailand dan bahasa Laos pun memiliki kemiripan. Sebagian besar penduduk di Laos, terutama yang ada di wilayah selatan, didiami oleh suku-suku bangsa yang sama dengan di Kamboja, seperti suku Mon-Khmer, dan 15 % nya adalah orang-orang Thai dengan 10 % sisanya merupakan suku-suku daerah perbukitan.


·        Agama
Agama di laos Mayoritas Buddha (50%) dan Tribal, agama-agama lain adalah Islam dan Kristen
·        Suku
Suku yang ada di laos adallah Lao (48%), Mon Khmer (25%), Thai (14%), Meo dan Yao (13%).  Bahasa yang di gunakan di laos adallah, bahasa  Laos (bahasa resmi), Palaungwa, dan Tai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar