Jumat, 06 Juli 2012

Resensi buku bahasa indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX Penulis Atikah Anindiya Rini, Yuwono, Suhartanto

Tugas Bahasa Indonesia




Resensi Buku
Judul               : Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX
Penulis            : Atikah Anindiya Rini, Yuwono, Suhartanto
Penerbit         : Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional
Cetakan          : Juli 2008
Tebal               : 194 halaman
Ukuran           : 17,6x25 cm
Sumber gambar : bse.inovasive.com
Design Cover  : Teguh Karya
Setting            : Eni Purwanti
Editor              : Retno Utami dan Widya Ristanti
Diperbanyak  : CV. Arya Duta, Depok
Harga              : Rp, 12.267;-

           

Buku ini berisi dan di kemas dalam berbagai bentuk kegiatan, seperti memahami dialog interaktif, mengomentari, memahami wacana tulis, menulis iklan, meresensi, mengarang, memahami syair, mengungkapkan dan menilai isi cerpen, memusikalisasikan puisi, menulis cerpen, memahami pidato, berpidato, berdiskusi, menulis karya ilmiah, menulis teks pidato dan surat, memahami novel, menanggapi pementasan drama, dan menulis naskah drama.
            Buku ini di tulis untuk memenuhi kebutuhan akan keterampilan berbahasa dan keterampilan mengoprasikan sastra. Materi yang di sajikan dalam buku ini telah di sesuaikan dengan kurikulum terbaru untuk siswa IX 9 SMP/MTs. Buku ini di sajikan dengan bahasa yang sederhana, serta menyajikan topik-topik yang ada dalam kehidupan sehari-hari sehingga mudah di pahami.
            Buku ini hanya menggunakan metode pembelajaran yang lebih menyarankan siswa pada pelatihan berbahasa dan apresiasi sastra, seharusnya buku ini menggunakan pembelajaran teori juga. Karena jika buku ini lebih mngarahkan siswa pada pelatihan maka siswa akan sedikit kebingungan.
            Buku ini mudah di menggerti  karena di sajikan dengan bahasa yang sederhana  dan menggunakan metode pembelajaran yang menarik, yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa . Sangat cocok di baca oleh siswa kelas 9 SMP/MTs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar